
Sulit membayangkan proses pendidikan yang tidak mengasumsikan logika sustainability. Tidak ada pilihan lain; manajemen pendidikan butuh grand design. Titik.
Sulit membayangkan proses pendidikan yang tidak mengasumsikan logika sustainability. Tidak ada pilihan lain; manajemen pendidikan butuh grand design. Titik.
Program dalam sebuah organisasi selalu ada yang bersifat reguler atau rutin. Logikanya kemudian, program seperti itu dituntut untuk terus meningkatkan kualitasnya dari periode ke periode. Pengulangan program dengan kualitas yang juga berulang akan merugikan organisasi dan stakeholdersnya. Kata kunci untuk menjaga rutinitas program yang diiringi upgrading kualitasnya adalah evaluasi.
Berseberangan dengan pembinaan yang membina adalah yang membinasakan. Pola pembinaan palsu yang mewujud malah jadi pembinasaan itu dapat terartikulasi pada beberapa mode. Pada catatan sebelumnya telah dibuka bersama pemahaman tentang hubungan kausalitas antara pembina dengan yang dibinanya dan pendampingan sebagai substansi makna pembinaan. Disini hanya kalimat perintah; membina bukan membinasakan.
Jabatan selalu diidam-idamkan oleh banyak orang, ternyata bukan karena pundi uang yang bisa terkumpul lebih banyak, tetapi karena dengan jabatan seseorang memiliki kewenangan menilai orang lain. Kewenangan yang seperti ini begitu megah terlihat karena boleh dikata hampir mendekati haknya Al-Hakim; Allah SWT, Tuhan Yang Maha Adil. Bagaimanakah lika-liku menilai orang lain itu?
Perlu dinyatakan terlebih dahulu bahwa catatan ini bukan tentang dogma agama tentang takdir yang sepenuhnya hak Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini a...